Diposkan   26 Januari 2017   00:00   Admin   Ekonomi

Indeks Harga Konsumen

PERKEMBANGAN INDEKS HARGA KONSUMEN / INFLASI
 
Perkembangan harga berbagai komoditas secara umum menunjukkan adanya kenaikan. Inflasi terjadi terutama disebabkan oleh adanya kenaikan indeks pada kelompok bahan makanan, kelompok transportasi dan komunikasi, kelompok sandang, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau dan kelompok kesehatan.Sedangkan kelompok barang dan jasa lain yang mengalami penurunan indeks adalah kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar.
Menurut Kelompok Pengeluaran

Bahan Makanan
Kelompok bahan makanan mengalami inflasi atau terjadi kenaikan indeks. Dari 11 sub kelompok dalam kelompok bahan makanan, 8 sub kelompok mengalami kenaikan indeks atau inflasi, 2 sub kelompok mengalami penurunan indeks atau deflasi dan 1 sub kelompok tidak mengalami perubahan harga sama sekali. Inflasi tertinggi terjadi pada sub kelompok buah-buahan dan inflasi terendah pada sub kelompok kacang-kacangan. Sementara deflasi tertinggi terjadi pada sub kelompok sayur-sayuran dan deflasi terendah terjadi pada sub kelompok telur, susu.

Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau
Dari kelompok ini komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi adalah biskuit, kue kering, gula pasir, minuman ringan, sirup dan rokok kretek filter. Sedangkan komoditas yang dominan memberikan sumbangan deflasi tidak ada.

Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar
Secara keseluruhan kelompok ini memberi andil terhadap deflasi. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi adalah keramik. Sementara komoditas yang memberi sumbangan deflasi adalah batu bata, besi beton, cat tembok dan genteng.

Kelompok Sandang
Komoditas yang dominan memberikan sumbangan deflasi adalah baju kaos, celana pendek pria, celana pendek katun, bahan baju katun, bahan baju sersin, blus, daster, gaun wanita, celana panjang jeans anak, gaun anak, kaos oblong anak, rok anak, baju muslim anak, emas perhiasan dan jilbab. Sedangkan komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi tidak ada.

Kelompok Kesehatan
Dari kelompok ini yang memberikan sumbangan inflasi adalah lipstik dan pembersih wajah. Sementara komoditas yang dominan memberikan sumbangan deflasi tidak ada.

Kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olahraga
Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga tidak mengalami perubahan indeks sama sekali sehingga sumbangan inflasi / deflasi tidak ada.

Kelompok Transportasi dan Komunikasi
Kelompok ini memberi andil inflasi sekitar 0,30%. Komoditas yang dominan memberi andil inflasi adalah angkutan antar kota dan angkutan dalam kota.