Diposkan   27 Januari 2017   00:00   Admin   Infrastruktur

Air Bersih

Sumber air bersih di Kabupaten Kudus terdiri dari beberapa wilayah. Untuk wilayah utara yang berbatasan dengan Gunung Muria, kuantitas dan kualitas air bersih tidak mengalami kendala. Masih banyak warga di daerah ini yang menggunakan langsung dari sumber air baik melalui perpipaan maupun mengambil langsung di sumber air. Untuk wilayah perkotaan, meskipun secara kuantitas masih mencukupi namun di segi kualitas terdapat beberapa kendala mengingat banyak industri yang kemungkinan limbahnya mencemari air tanah. Di bagian wilayah sebelah selatan, dimana terdapat daerah persawahan tadah hujan dan air tanah yang ada kurang memenuhi syarat untuk dikonsumsi.
Kebutuhan air minum yang disalurkan oleh PDAM di kabupaten Kudus tahun 2014 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, tercatat jumlah air yang disalurkan sebesar 6,20 juta m3 atau naik sebesar 0,13 persen. Dengan jumlah pelanggan tahun 2014 sebanyak 32.348 pelanggan dan nilai 22,42 milyar rupiah.
Berkenaan dengan hal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air bersih disamping menggunakan pelayanan dari PDAM, masyarakat juga menggunakan sumber-sumber yang lain seperti dari air sumur pompa, air sumur gali, mata air, hidran umum dan lain-lain