Diposkan   27 Januari 2017   00:00   Admin   Infrastruktur

Drainase

Drainase merupakan suatu sistem saluran pembuangan yang berfungsi untuk mengalirkan limpahan air hujan, buangan air kotor di pemukiman, pabrik, limbah industri, mencegah genangan air dan sebagainya. Saluran drainase di Kabupaten Kudus area cakupannya seluas 4.250 Ha, dengan sistem jaringan drainase terbagi menjadi 4 subsistem yaitu subsistem Kali Wulan, susbsistem SWD (Spillway Drain) I, subsistem SWD 2 dan subsistem Kali Juwana. Di Kabupaten Kudus terdapat 2 sungai besar yang menampung drainase yaitu Kali Juana yang menampung aliran dari arah timur dan Kali Wulan dari arah tengah sampai utara. Sistem jaringan drainase di Kabupaten Kudus terbagi menjadi 4 sub sistem yaitu :
  1. Subsistem Kali Wulan menampung aliran dari drainase sekunder Kali Gelis ( yang membelah di tengah kota Kudus ), Kali Gondang (alurnya melalui Wergu Wetan, Loram dan bermuara di Kali Kencing 1) dan Kali Kencing
  2. Subsistem SWD-1 menampung aliran dari drainase sekunder Kali Sumber ( melalui Desa Janggalan, Purwosari dan Pasuruhan Lor ), Kali Jaranan ( melalui Desa Karangmalang, Garung Lor, Klumpit, Gribig, Prambatan Lor dan Pasuruhan Kidul ), Kali Sat ( melalui Desa Karangmalang, Klumpit, Garung Lor,Prambatan Lor dan Pasuruhan Lor) dan Kali Serut ( melalui Desa Mijen, Kedungdowo dan Setrokalangan )
  3. Subsistem SWD-2 menampung aliran dari drainase sekunder Kali Tali ( melalui Desa Mijen dan Setrokalangan ), Kali Jember( melalui Desa Getasrabi, Kaliwungu dan Kedungdowo ) dan Kali Srabi
  4. Subsistem Kali Juana-1 menampung Kali Tumpang (melalui Desa Gondangmanis, Bacin, Pedawang, Dersalam, Tumpang Krasak, Megawon, Mejobo dan Kirig ), Kali Dawe ( Desa Hadipolo, Tenggeles, Golan tepus, Mejobo dan Temulus ), Kali Jumirah dan Kali Ngeseng ( melalui Desa Larikrejo dan Kedungdowo )
Secara detail, saluran drainase di Kabupaten Kudus adalah sebagai berikut. 
No Drainase Panjang ( m )
1
Saluran Tanah
148.580  
2
Saluran Pasangan
109.462 
3
Saluran Tertutup
56.568  
4
Saluran Terbuka
201.221